Ceramah Singkat Perintah Takwa

Berikut ini Ceramah Singkat tentang Perintah Takwa

ceramah singkat tentang takwa

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ

الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ وَلَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِمِيْنَ وَالصَّلَاةُ عَلَى رَسُوْلِهِ مُحَمَّدٍ وَآلِهِ أَجْمَعِينَ وَبَعْدُ

Segala puji bagi Allah, syukur kita panjatkan karena keimanan dan keislaman yang ada pada diri kita meskipun jauh dari kata sempurna karena kekurangan diri ini. Solawat dan salam mari kita panjatkan kepada Nabi Muhammad saw. Beliau lah suri tauladan terbaik bagi kehidupan kita di dunia ini agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah.

Baca juga : Ceramah tentang kewajiban menuntut ilmu

Para hadirin yang saya hormati. Sebuah wasiat yang diperintahkan untuk kita saling mengingatkannya adalah takwa. Tidak sedikit ayat di dalam al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad saw. memerintahkan manusia pada umumnya dan umat muslim pada khususnya untuk senantiasa bertakwa kepada Allah swt.

Di dalam al-Qur’an surat Ali Imran ayat 102, Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.

Para hadirin yang saya hormati. Ayat ini berisi sebuah perintah untuk bertakwa kepada Allah dan menjaga keislaman kita. Apa itu takwa? Takwa itu melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Nabi Muhammad saw. menjelaskan dalam hadisnya mengenai perintah takwa ini yaitu berisi tiga hal. Pertama, kita harus menaati Allah dan tidak bermaksiat kepada-Nya. Kedua, kita harus mengingat Allah dan tidak melupakan-Nya. Dan ketiga, kita harus bersyukur atas nikmat Allah dan tidak kufur nikmat.

Para hadirin yang saya hormati. Selain melaksanakan ketakwaan kepada Allah, kita juga harus menjaga keislaman kita. Jangan sampai pada saat ajal datang, kita tidak dalam keadaan islam. Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, kita harus senantiasa menjaga keislaman kita dalam keadaan apa pun. Dimana pun kita berada, bagaimana pun keadaannya, identitas Islam tidak boleh copot dari diri kita.

Para hadirin yang saya hormati. Pada intinya ayat ini dan masih banyak lagi ayat lainnya memerintahkan kita untuk bertakwa kepada Allah dan senantiasa menjaga keislaman kita. Salah satu identitas keislaman itu adalah ibadah solat. Mari bersama untuk menjaga hal itu.

Para hadirin yang saya hormati.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada pertemuan kali ini, semoga diberikan kemanfaatan dan keberkahan oleh Allah.

وَالله الْمُسْتَعَانُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ

Related Posts